Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Pundu Temukam Seekor Kukang dan Diserahkan ke BKSDA Kotim

  • Oleh Noor Annisa
  • 20 November 2022 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seorang warga Pundu, Kecamatan Cempaga Hulu, Ahmad Arif menyelamatkan seekor kukang. Kukang tersebut ditemukannya di areal Puskesmas tempatnya bekerja beberapa waktu lalu dan akhirnya diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Kotawaringin Timur.

Berdasarkan pengakuan Ahmad Arif, kukang tersebut ditemukannya sedang meringkuk di tanah halaman Puskesmas Pundu. Khawatir kukang tersebut ditangkap dan dilukai orang tak bertanggung jawab, Arif pun mengamankan kukang tersebut dengan memasukkannya ke kandang kucing. 

Mengetahui kalau kukang termasuk satwa liar yang dilindungi undang-undang, Ahmad Arif pun melaporkan penemuan kukang tersebut ke BKSDA Kalimantan Tengah lewat media sosial Instagram. 

"Dan laporan tersebut diteruskan ke kami, Pos Sampit," jelas Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Minggu, 20 November 2022.

Muriansyah, menduga kukang tersebut keluar dari hutan di belakang Puskesmas tersebut. Sebab di lokasi itu sedang dibuka lahan oleh warga yang berladang.

Ahmad Arif bahkan mengantarkan langsung kukang tersebut ke Markas Manggala Agni, untuk selanjutnya dilakukan serah terima. Kemudian dijemput oleh petugas BKSDA Pos Jaga Sampit. 

"Saat ini kukang kami amankan di BKSDA Pos Sampit," tutupnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru