Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

3 PSK di Palangka Raya Positif HIV

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 21 November 2022 - 14:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sedikitnya, 3 Pekerja Seks Komersial (PSK) warung remang-remang di Jalan Mahir Kota Palangka Raya terinfeksi positif HIV/AIDS.

Tiga PSK tersebut didapati terinfeksi kasus HIV, setelah pihak UPT Puskesmas Kelurahan Kereng Bangkirai bersama sejumlah pihak terkait melakukan Mobile VCT (Valuntary Counselling and Testing) yang merupakan program rutin setiap bulan.

Dalam pemeriksaan Mobile VCT kali ini UPT Pukesmas bekerjasama dengan pihak BNN Provinsi Kalimantan Tengah untuk melakukan skrining Narkoba.

Tes Mobile VCT adalah kegiatan deteksi dini status HIV dan dilakukan secara sukarela serta dilakukan melalui proses konseling terlebih dahulu. 

Sasaran dari kegiatan ini adalah orang-orang yang beresiko tinggi tertular HIV/AIDS/IMS/Hepatitis dan mengkonsumsi narkoba di kawasan Jalan Mahir Mahar Kota Palangka Raya.

"Hasil pemeriksaan dari 39 orang pada lokasi tersebut terdapat positif HIV sebanyak 3 orang, hepatitis 3 orang dan divaksin Covid-19 sebanyak 17 orang,” kata Kepala UPT Pukesmas Kereng Bangkirai, Nila Kusuma Wardhani, Senin, 21 November 2022.

Kemudian kata Nila, bagi yang positif HIv dan Hepatitis segera akan diarahkan ke Klinik VCT Pukesmas untuk pemeriksaan lebih lanjut dan kemudian dirujuk ke Klinik VCT RS Doris Sylvanus agar bisa mendapat perawatan atau memulai pengobatan.

Nila berharap dari hasil kegiatan, semoga dapat menurunkan angka HIV/AIDS/IMS/Hepatitis serta bahaya penggunaan narkoba di Kota Palangka Raya. (PARLIN TAMBUNAN/B-5)

Berita Terbaru