Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Kolaborasi Pengembangan Desa Wisata di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 23 November 2022 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mendorong adanya kolaborasi antara pemda baik provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait bersama masyarakat dalam rangka mengembangkan desa wisata di Kalteng.

Duwel mengatakan, pengembangan desa wisata sangat perlu dilakukan mengingat di provinsi ini sendiri masih minim adanya desa wisata, sehingga diharapkan hal itu bisa menjadi perhatian pemda, sebab dari situ nantinya akan dapat memberikan dampak positif bagi daerah maupun masyarakat.

"Tentu untuk mengembangkan desa wisata ini memerlukan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, artinya pemerintah menyediakan anggaran dan masyarakat membangun serta mengelolanya namun tetap dibawah pantauan pemerintah," ucapnya, Rabu, 23 November 2022.

Diungkapkan Duwel, keberadaan desa-desa yang ada di Kalteng ini pastinya memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan. Sehingga potensi itu agar dapat dilirik, karena adanya desa wisata bisa memberi manfaat bagi masyarakat baik dari segi perekonomian maupun terbukanya lapangan pekerjaan.

"Tidak hanya itu saja, daerah pun akan mendapatkan manfaatnya dari segi pendapatan daerah. Jadi peluang ini harus bisa dimaksimalkan, terlebih lagi masyarakat sejumlah desa juga ada menyampaikan aspirasi terkait dukungan pengembangan desa wisata ini pada saat kami melaksanakan reses," tuturnya.

Duwel berharap, pemda agar dapat optimal dalam melirik potensi pariwisata yang ada di Kalteng ini termasuk yang terdapat di wilayah pedesaan. Dan didalam mengoptimalkan potensi ini tentu perlu dilakukan pemetaan wilayah, sehingga nantinya dapat diketahui mana potensi wisata di desa yang menjanjikan bisa dikembangkan.

"Jika nantinya dari hasil pemetaan didapati desa yang memiliki potensi, maka bisa dikembangkan dan yang pasti pemerintah harus berkolaborasi dengan masyarakat dalam mengembangkannya, karena masyarakat di desa itu yang mengetahui persis potensi yang ada," tukasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru