Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Januari 2023, Pemkab Seruyan LakukanPembatasan Tonase Angkutan CPO

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 23 November 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Sebagai upaya mengantisipasi  terjadinya kerusakan jalan, Pemerintah Kabupaten Seruyan akan melakukan pembatasa tonase  angkutan Crude Palm Oil (CPO) atau Tandan Buah Segar (TBS) dari perusahaan besar swasta (PBS) kelapa sawit di wilayah setempat terhitung tanggal 1 Januari 2023.

Bupati Seruyan, Yulhaidir telah melakukan rapat bersama instansi terkait termasuk pihak Perusahaan Besar Swasta (PBS) kelapa sawit terkait kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah setempat.

Yulhaidir mengatakan, rapat itu membahas terkait pengendalian penggunaan ruas jalan yakni Jalan Simpang Bangkal ke Desa Bangkal, Ruas Jalan Simpang Bangkal ke Desa Telaga Pulang dan Ruas Jalan Simpang Telaga Pulang ke Kuala Pembuang, serta ruas Jalan Km. 69 ke Desa Terawan di Kabupaten Seruyan.

Rapat dihadiri pihak Polres Seruyan, Perwira Penghubung 1015 Kodim Sampit, Kejaksaan Negeri Seruyan, Camat, Kepala Desa serta Manajemen PT Hamparan Massawit Bangun Persada, PT Salonok Ladang Mas, PT Gawi Bahandep Sawit Mekar dan PT Mega Ika Khansa.

"Keputusan dan kesimpulan dari rapat ini diantaranya Pemerintah Kabupaten Seruyan menyampaikan bahwa sejak tanggal 1 Januari 2023, ruas jalan tersebut dilarang dilewati oleh angkutan CPO dan atau TBS yang melebihi muatan tonase sebesar 8 Ton," katanya, Rabu, 23 November 2022.

 Pembatasan angkutan CPO dan PBS dimaksudkan untuk mengurangi kerusakan ruas ruas jalan tersebut. Sedangkan untuk angkutan sembako dan angkutan barang diperbolehkan memuat melebihi 8 ton sepanjang tidak dilakukan setiap hari.

Yulhaidir menambahkan, apabila terjadi kerusakan pada ruas jalan dimaksud, maka para pihak yang menyepakati akan bersama sama melakukan perbaikan pada ruas jalan yang mengalami kerusakan.

"Mudah mudahan dengan langkah  dan upaya dalam membatasi tonase angkutan yang melewati ruas jalan tersebut, kondisi jalan bisa lebih tahan lama dan terpelihara, “ tandasnya. (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru