Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Dorong Pemulihan Ekonomi Melalui Peranan Perbankan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 23 November 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Rusita Irma mendorong adanya upaya pemulihan ekonomi yang dilakukan pemda melalui peranan perbankan, khususnya bank daerah dengan berbagai kebijakan yang dilakukan.

Dia mengatakan, pemda dapat memberikan dukungan melalui implementasi kebijakan dan penyertaan modal bagi bank daerah. Dukungan tersebut nantinya dapat dikelola untuk membantu masyarakat disituasi ekonomi yang belum stabil seperti saat ini.

"Saya rasa ada sejumlah hal yang dapat diimplentasikan, seperti mendukung penghimpunan dana pihak ketiga berupa tabungan giro, deposito maupun penyalurannya melalui kredit konsumen, kredit modal dan kredit investasi di wilayah Kalteng. Sehingga lebih banyak masyarakat yang dapat dibantu nantinya," ujarnya, Rabu, 23 November 2022.

Disebutkannya, melalui kerja sama dalam pemulihan ekonomi, nantinya bank daerah dapat menjadi salah satu sarana yang dapat memfasilitasi pajak dan retribusi daerah kabupaten seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), KIR atau pembayaran lain bagi masyarakat.

Di sisi lain, ia juga berharap dukungan pemerintah dapat menjangkau perluasan kapasitas layanan perbankan, dengan membangun sarana prasarana pendukung, seperti pembangunan kantor cabang pembantu, kantor kas maupun atm secara merata di setiap daerah.

"Untuk membangun itu tentu membutuhkan waktu, tapi perlu dilakukan supaya akses layanan perbankan menjadi lebih mudah. Perbankan juga harus proaktif terutama dalam memberikan kredit bunga ringan dan bantuan dalam bentuk CSR dengan begitu masyarakat dapat terbantu ekonominya karena memiliki modal lebih untuk memajukan usahanya," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru