Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ribuan Bibit Ikan Gabus dan Bapuyu Dilepaskan di Sungai Sebangau

  • Oleh Hendri
  • 24 November 2022 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Hj Umi Mastikah melepasliarkan bibit ikan Bapuyu dan Gabus sebanyak 205 ribu ekor di sungai Sebangau dalam memperingati hari ikan Nasional ke-9.

Kegiatan tersebut adalah upaya melestarikan ikan lokal yang terancam dari kepunahan, tak hanya itu, nelayan juga dapat memanen ikan dalam 7-8 bulan ke depan setelah ikan besar.

"Penyebaran bibit ikan sebanyak 205 ribu, terdiri dari 200 ribu Bapuyu dan 5 ribu ikan Gabus upaya melestarikan ikan lokal," kata Hj Umi Mastikah, Kamis, 24 November 2022.

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin Dinas Perikanan dan Balai Perikanan Kalteng bersama Karantina Ikan kota setempat. Mereka menyusuri air hitam menaiki perahu untuk melepasliarkan bibit ikan tersebut.

Menurutnya, Ikan adalah salah satu kearifan lokal masyarakat, banyak jenis ikan lokal yang hidup sungai Kahayan, Rungan dan Sabangau. Dari jenis ikan Kakapar, Bapuyu, Saluang, Gabus, Tapah, Toman, Tabakang, Puhing, Pentet atau Lele sungai, Lais, Kihung, Karandang dan Baung.


"Tentu saja kita melestarikan kearifan lokal, ciri khas Kota Palangka Raya adanya Ikan, semua serba ikan. Kita lestarikan sinergi dengan berbagai pihak," jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Balai Perikanan Kalteng, Juliansyah mengatakan jika upaya pelestarian ikan lokal penting dilakukan salah satunya dengan pelepasliaran bibit ikan.

"Artinya memperbarui ikan-ikan yang mulai sudah terancam punah, kita mengantispasi itu dan akan melakukan pengembangan," ungkap Juliansyah.

Pihaknya berharap kepada masyarakat bijak akan proses pengambilan ikan, jangan sampai merusak ekosistem yang telah ditetapkan undang-undang, seperti penyetruman dan bom ikan dan bersama-sama merawat kearifan lokal ikan tersebut. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru