Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Paket Bantuan Mesin Konversi BBM ke BBG Mulai Didistribusikan untuk Nelayan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 24 November 2022 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Bupati Seruyan, Yulhaidir secara simbolis telah menyerahkan paket bantuan mesin konversi dari bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar Gas (BBG) kepada nelayan.

Saat ini, sebanyak 835 paket mesin bantuan pemerintah pusat melalui Kementrian ESDM mulai didistribuskan kepada para nelayan perairan umum daratan di Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur.

Bupati Seruyan, Yulhaidir melalui Kadis Perikanan Abuhasan Asari mengatakan, paket bantuan mesin  terdiri dari mesin 8.8 hp sampai dengan 13 hp dengan  jumlah sasaran 835 paket.

Adapun jumlah sasaran nelayan penerima tersebar pada 12 desa dan kelurahan  yakni di Seruyan Hilir sebanyak 9 desa/kelurahan dan Seruyan Hilir Timur sebanyak 3 desa.

“Sasaran dari paket bantuan mesin ini adalah nelayan sungai, danau dan rawa yang memiliki perahu  bermesin bensin yang akan di konversi menggunakan bahan bakar gas, “ kata Abu Hasan, Kamis, 24 November 2022.

Adapun syarat bagi nelayan penerima antara lain memiliki kartu tanda penduduk, memiliki kartu KUSUKA yang merupakan Kartu Usaha Kelautan dan Perikanan

Selanjutnya, memiliki perahu sendiri  dan memiliki mesin yang telah digunakan sebelumnya, serta varian mesin harus sesuai dengan  yang diusulkan sebelumnya.

“Sebagaimana pesan dari pak Bupati kepada nelayan penerima bantuan paket mesin ini, agar tidak memperjual belikan bantuan yang diberikan dan pastinya harus di rawat dengan sebaik baiknya,“ tukasnya (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru