Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau: Kebebasan Berekspresi Tetap Harus Sesuai Koridor Hukum

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 25 November 2022 - 10:31 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Setiap orang memiliki hak atas kebebasannya. Terkhusus, kebebasan berekspresi. Tetapi kebebasan itu bukan berarti bebas tanpa batas, melainkan kebebasan yang bertanggungjawab.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat menggelar acara ramah tamah dengan Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Lamandau (IPML) Yogyakarta, Kamis 24 November 2022, malam.

“Kebebasan berekspresi itu harus sesuai dengan koridor hukum serta didasarkan pada nilai-nilai kesantunan dan tata tertib yang berlaku,” kata Bupati.

Menurutnya, secara normatif hak atas kebebasan berserikat diakui dan dijamin oleh peraturan perundang-undangan di Indonesia. Meski demikian kebebasan individu harus tetap menghargai kebebasan orang lain.

“Kebebasan berpendapat dan berasosiasi yang melekat pada diri seseorang sepatutnya didasarkan pada nilai-nilai kesantunan dan tata tertib yang berlaku,” ucapnya.

Orang nomor satu di Bumi Bahaum Bakuba itu menjelaskan, kebebasan adalah salah satu pilar penting dalam negara yang menganut paham demokrasi. Kebebasan yang dimaksud adalah kebebasan berpendapat dan berserikat.

Hak manusia untuk mengemukakan pendapat sangat penting untuk dijaga karena ide seseorang berhak untuk didengar. Seorang individu harus dibebaskan untuk berserikat dalam kegiatan apapun untuk mendapatkan representasi.

“Walau begitu hak atas kebebasan berserikat atau berkumpul juga mempunyai prinsip bahwa kegiatan harus dilakukan secara damai,” tegasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan Bangsa Indonesia sejak lama telah menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut. Bahkan para pendiri negara mencantumkan kebebasan tersebut di dalam UUD 1945 Pasal 28E ayat 3 yang berbunyi ‘Setiap Orang Berhak Atas Kebebasan Berserikat, Berkumpul dan Mengeluarkan Pendapat’.

“Nilai yang terdapat dalam pasal tersebut harus dipertahankan khususnya di era sekarang ini, di mana wadah untuk mengekspresikan diri sangat berlimpah,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru