Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minat Anak Membaca Buku Kurang, Perlu Solusi untuk Megatasinya

  • Oleh Donny Damara
  • 25 November 2022 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Di era perkembangan zaman teknologi digitalisasi saat ini sangat berpengaruh terhadap berbagai hal salah satunya membuat minat baca anak-anak menjadi berkurang terutama membaca buku khususnya di Kalteng.

Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah mengatakan agar minat anak-anak untuk membaca buku bisa meningkat maka perlu solusi untuk meningatasinya seperti salah satunya kembali menggencarkan perpustakaan keliling.

"Kami melihat anak-anak terutama usia pelajar saat ini lebih memilih bermain gadged atau handphone dibandingkan membaca buku, padahal membaca itu sangat penting untuk ilmu pengetahuan apalagi bagi anak-anak usia sekolah," ucapnya, Jumat, 25 November 2022.

Menggencarkan perpustakaan keliling bisa menjadi salah satu solusi untuk kembali meningkatkan minat baca anak-anak, sebab tanpa harus datang ke perpustakaan daerah secara langsung anak-anak bisa meminjam buku dari perpustakaan keliling tersebut.

Perpustakaan keliling ini jangan hanya beroperasi satu bulan sekali, ada baiknya seminggu sekali mendatangi sekolah-sekolah yang ada di daerah masing-masing serta armadanya juga perlu ditambah, dan hal ini perlu menjadi perhatian pemda di Kalteng untuk mengadakannya.

Selain itu, perpustakaan keliling juga jangan hanya terpaku terhadap misi tertentu saja seperti meminjamkan buku tapi juga perlu menyampaikan sosialisasi atau edukasi kepada anak-anak betapa pentingnya membaca buku untuk menambah ilmu pengetahuan dibandingkan bermain game di hanphone.

"Terlepas dari itu selain peran perpustakaan keliling, peran para guru di sekolah juga sangat penting untuk menyampaikan edukasi kepada para pelajar pentingnya membaca untuk pengetahuan, karena banyak hal yang bisa didapatkan dari membaca buku ini," tandasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru