Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maksimalkan Peran Sektor Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Kapasitas SDM di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 25 November 2022 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mendorong pemda agar dapat memaksimalkan peran sektor pendidikan dalam upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di Kalteng ini.

Duwel mengatakan, untuk memaksimalkan sektor pendidikan dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM ini sejumlah hal yang berkaitan dengan peningkatan baik sarana dan prasarana maupun fasilitas pendukung pendidikan serta keberadaan tenaga guru perlu diperhatikan.

"Karena jika hal-hal terkait itu tidak diperhatikan maka upaya meningkatkan kapasitas SDM melalui peran sektor pendidikan itu akan kurang maksimal, jadi harus bisa benar-benar diperhatikan dan difokuskan," ucapnya, Jumat, 25 November 2022.

Duwel menjelaskan, pendidikan merupakan sektor utama serta ujung tombak dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM, sebab tanpa adanya pendidikan memadai maka SDM yang ada khususnya di Kalteng tidak akan mampu bersaing diberbagai bidang.

"Kita melihat di Kalteng ini sektor pendidikan masih belum cukup maju karena dalam setiap kesempatan reses kita masih menemukan berbagai hal yang perlu diperhatikan seperti peningkatan sarana maupun fasilitas pendidikan terutama di wilayah terpencil," ungkapnya.

Duwel berharap pendidikan di Kalteng ini bisa terus mengalami kemajuan dan upaya memaksimalkan peran sektor pendidikan untuk meningkatkan SDM itu dapat berjalan lancar. Namun sebelumnya beberapa hal tekait yang perlu dibenahi harus dijadikan fokus perhatian.

"Kita mencontohkan di SMK, satuan pendidikan ini merupakan sekolah yang disiapkan untuk mencetak SDM siap kerja, tapi masih banyak saran atau fasilitas di SMK khususnya di Kateng yang memerlukan perhatian salah satunya seperti alat praktek, nah ini diantara yang harus bisa benar-benar diperhatikan oleh pemda," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru