Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Palangka Raya Diajak Jaga Populasi Ikan di Perairan Umum

  • Oleh Hendri
  • 25 November 2022 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah mengajak masyarakat agar bersama-sama dengan pemerintah menjaga kelestarian dan populasi ikan di perairan umum. Caranya, dengan tidak melakukan penangkapan ikan secara ilegal.

Dia mengatakan, sangatlah tidak baik jika masyarakat menangkap ikan secara tidak bertanggungjawab. Bukan hanya kegiatan penangkapan ikan secara ilegal tetapi juga penangkapan ikan dengan cara-cara yang merusak seperti dengan setrum atau bahan kimia berbahaya.

"Oleh karena itu peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk bersama-sama memerangi destructive fishing maupun illegal fishing untuk menjaga kelestarian dan pemanfaatan lingkungan perairan di Kota Cantik ini," katanya, Jumat, 25 November 2022.

Selain itu, dirinya meminta kepada warga apabila melihat atau menemukan ada yang menangkap ikan menggunakan alat atau bahan yang berbahaya agar bisa melaporkan ke pihak berwajib. Karena menurutnya penggunaan bahan atau alat yang merusak lingkungan diatur dalam Undang-undang dan bagi pelanggar akan disanksi.

Dalam hal melestarikan keberadaan populasi ikan, hingga saat ini pihaknya juga sudah gencar mensosialisasikan kepada masyarakat terkait larangan tersebut. Bahkan pemerintah rutin melepasliarkan bibit ikan agar bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat.

“Kami sudah mensosialisasikan tentang menjaga kelestarian ikan dan undang undang larangan menggunakan alat tangkap ikan yang merusak lingkungan. Alhamdulillah hingga sekarang ini belum ada ditemukan masyarakat yang melakukan pelanggaran tersebut," ujarnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru