Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keaktifan Penyuluh Tentukan Keberhasilan Program Pertanian

  • Oleh Ramadani
  • 26 November 2022 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin A Surapati mengatakan keberhasilan program dan percepatan pencapaian kegiatan pembangunan pertanian ikut ditentukan oleh penyuluh pertanian yang aktif dan gigih dalam mendampingi dan membimbing para petani/kelompoktani dalam menekuni kegiatan usaha tani secara langsung di lapangan.

 “Sebagai organisasi profesi, peran Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani), mempunyai peranan penting dalam melakukan perubahan serta inovasi di bidang pertanian,” kata Syahmiludin A Surapati, Jumat 25 November 2022.

Syahmiludin juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas terselenggaranya Musda Perhiptani Kabupaten Barito Utara dengan salah satu Agendanya memilih pengurus untuk Masa Bakti 2022-2027.

Melalui pengurus terpilih diharapkan dapat menyuarakan aspirasi dan mempererat silaturahmi, kekompakan, sumber inspirasi, memberikan motivasi serta meningkatkan kompetensi serta menjadi wadah yang nyaman untuk berhimpunnya para Penyuluh Pertanian di Kabupaten Barito Utara.

Untuk itu melalui Musda ini, Syahmiludin menitip pesan, kepada seluruh penyuluh pertanian supaya membangun komunikasi dan koordinasi yang baik, serta meningkatkan wawasan, kreativitas, motivasi, profesionalisme dalam bekerja mendampingi masyarakat tani.

Menurutnya, upaya mewujudkan pembangunan pertanian itu tentunya tidak terlepas dari permasalahan yang dihadapi. Seperti, penurunan kualitas dan kuantitas sumber daya lahan pertanian. Oleh karenanya, sosialisasi penggunaan pupuk organik harus terus digalakkan, guna mendukung pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Di sini penyuluh pertanian tidak hanya fokus dalam pendampingan kegiatan on farm saja, tetapi juga melakukan kegiatan pendampingan pada kegiatan off farm. Karena pada dasarnya, komoditas pertanian itu memiliki beberapa sifat khusus, sehingga dalam melakukan kegiatan usaha tani diharapkan dapat dilakukan dengan seefektif dan seefisien mungkin. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru