Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bapenda Blusukan ke Kecamatan Optimalkan Penggunaan Mobil Layanan Pajak

  • Oleh Noor Annisa
  • 26 November 2022 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Demi mengoptimalkan penggunaan mobil layanan pajak, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Timur blusukan ke kecamatan dan desa dengan potensi pajak besar.

"Yang pasti kecamatan dengan potensi pajak besar dulu, salah satu daerah pertumbuhan seperti Parenggean karena di sana pertama aktivitas rumah maka yang besar-besar. Di sana juga pertumbuhan perumahan ada sehingga PBB-nya bisa didaftarkan," kata Kepala Bapenda, Ramdansyah, Sabtu, 26 November 2022.

Dia melanjutkan, bahwa sebelumnya pihak Bapenda menggunakan mobil layanan sudah melakukan pelayanan di Kecamatan Telag Antang dan Desa Waringin Agung, dengan demikian, kata dia, jangkauan dari Bapenda ini agar masyarakat merasakan kemudahan dalam membayar pajak.

"Yang ingin mendaftarkan PBB nya kan tidak perlu ke kantor Bapenda," tegasnya.

Dia menambahkan, pembayaran pajak saat ini sudah dipermudah karena bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi smart-tax untuk daerah yang terdapat sinyal Internet.

"Bagi masyarakat yang sibuk kami tidak menyarankan lagi bayar pajak ke kantor Bapenda, mereka punya nomor objek pajak, ada aplikasi tinggal download saja di play store," katanya.

Dikatakannya, ketika dalam pembayaran pajak masyarakat menemukan kesulitan, dipersilahkan datang ke petugas di desanya untuk melakukan konsultasi.

"Kalau yang tidak ada sinyal kami sediakan petugas PBB di desa, jadi ada petugas desa yang di SK kan bupati setiap desa sebanyak 168 itu dan juga kelurahan," tutupnya. (NOOR ANNISA/B-7)

Berita Terbaru