Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Harapan Sekda Kapuas dari Sosialisasi Indikator Hasil Long Form Sensus Penduduk

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 November 2022 - 21:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sekda Kapuas Septedy menyampaikan sejumlah harapannya dari kegiatan sosialisasi indikator hasil long form sensus penduduk tahun 2020 dan Pelatihan Tim TPI EPSS yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kapuas.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik pada instansi Pemkab Kapuas, ia berharap ada komitmen bersama antara Tim Penilai Internal (TPI) Kabupaten Kapuas dengan Tim Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dari BPS Kapuas untuk melaksanakan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) dengan sebaik-baiknya.

Septedy juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, ini akan menambah pemahaman tentang penyelenggaraan statistik sektoral, sehingga pemanfaatan data statistik di masing-masing instanti dapat lebih meningkat untuk mendukung pembangunan.

"Diharapkan dapat menambah wawasan para undangan dan pemangku data di instansi pemerintah daerah tentang indikator statistik yang dihasilkan oleh BPS, sehingga informasi terkait indikator statistic khususnya hasil long form Sensus Penduduk 2020," kata Septedy, baru-baru ini.

Dia juga berharap, dari kegiatan EPSS nantinya, akan menghasilkan indikator Indeks Pembangunan Statistik (IPS) yang merupakan ukuran output dan outcome tingkat keberhasilan penyelenggaraan statistik sektoral di intansi pusat dan pemerintah daerah.

IPS ini dapat dimanfaatkan sebagai landasan penyusunan program pembinaan statistik oleh BPS untuk K/L/Pemda, menumbuhkan kesadaran semakin pentingnya statistik K/L/Pemda maupun pembangunan nasional serta pemicu dan pemacu peningkatan dan pengembangan proses bisnis statistik K/L/Pemda.

"IPS ini akan didorong agar menjadi indikator yang masuk dalam penilaian reformasi birokrasi nasional, sehingga IPS akan diimplementasikan ke seluruh K/L/Pemda. Untuk mewujudkan hal tersebut, BPS berkomitmen untuk menyelenggarakan EPSS secara baik dan berkualitas," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kapuas M Guntur mengatakan, tujuan dari pembinaan tersebut adalah untuk lebih meningkatkan konstribusi dan apresiasi masyarakat terhadap statistik, mengembangkan Sistem Statistik Nasional dan mendukung pembangunan nasional. 

Menurutnya, pembinaan tersebut dapat dilakukan dalam berbagai upaya salah satunya dengan meningkatkan penyebarluasan informasi statistik.

"Informasi statistik yang disebarluaskan dapat berupa indikator-indikator statistik yang dihasilkan pada kegiatan pengumpulan data melalui sensus, survei, kompilasi produk administrasi dan sebagainya," ucap M Guntur.

Ia menjelaskan, BPS berperan untuk memberikan evaluasi dan rekomendasi bagi pemerintah daerah yang akan menyelenggarakan pengumpulan data statistik sektoral melalui survei, mulai dari tahap rancangan hingga publikasi hasil survei.

BPS melakukan pemantauan penyelenggaraan statistik sektoral untuk mengetahui perkembangan dan hambatan serta dilakukan secara berkala, melakukan evaluasi dan melakukan pembinaan terhadap pemerintah daerah atas penyelenggaraan kegiatan sektoral.

"Alat ukur penyelenggaraan statistik sektoral untuk mengetahui seberapa besar capaian pembangunan dalam bidang perstatistikan nasional dan memonitor capaian tingkat kemajuan dan profesionalitas instansi pemerintah dalam penyelenggaraan statistik," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru