Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Perkuat Kerja Sama Pihak Swasta Kurangi Kemiskinan

  • Oleh Hendri
  • 28 November 2022 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya memperkuat kerja sama dengan sektor non pemerintahan atau sektor swasta untuk menurunkan jumlah penduduk miskin di kota setempat.

"Dengan makin tingginya sinergi dan harmonisasi antara pemerintah pusat dan daerah, swasta dan masyarakat Insyaallah dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," kata Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin.

Hal itu disampaikan Fairid seusai menghadiri rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan di Aula Serbaguna Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Senin, 28 November 2022. Rakor tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo.

"Untuk mewujudkan penurunan kemiskinan, tentunya dibutuhkan komitmen bersama dan kerja keras berbagai pihak terkait. Melalui upaya-upaya mensinergikan semua program-program termasuk percepatan penyerapan dana pembangunan," ujar Fairid.

Lebih lanjut dia menyampaikan kerja sama dengan pihak swasta menjadi bagian dalam tugas Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK). 


Apalagi menurunkan tingkat kemiskinan memang tidak sekadar membangun infrastruktur. Dibutuhkan kegiatan ekonomi dari lintas sektor agar tercipta nilai tambah dan pendapatan yang lebih baik di masyarakat.

Menurutnya, dunia usaha memiliki peranan penting menciptakan kegiatan ekonomi bernilai tambah. Kehadiran swasta mampu menciptakan lapangan kerja formal yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat secara berkelanjutan.

"Hasil akhirnya, tingkat kesejahteraan semakin terjamin dan meningkat. Karena tidak hanya masyarakat mengandalkan satu sumber pendapatan saja dengan banyak pihak swasta yang terlibat," tuturnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga menentukan arah kebijakan berdasarkan survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Survei ini menggunakan tingkat pendapatan dan pengeluaran sebagai basis perhitungan tingkat kemiskinan. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru