Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bandara Kuala Pembuang Diproyeksikan untuk Pesawat Boeing

  • 11 Februari 2016 - 19:24 WIB

PEMERINTAH Pusat memutuskan untuk mengembangkan Bandara Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan. Keputusan pengembangan itu setelah melihat letak strategis bandara yang sangat dekat dengan berbagai kota tujuan di Pulau Jawa seperti Semarang, Jawa Tengah atau Surabaya, Jawa Timur. "Kuala Pembuang ini adalah titik terdekat ke Semarang maupun Surabaya. Dengan titik yang paling dekat maka tarifnya tentu akan lebih murah," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, belum lama ini.

Selain itu, Bandara Kuala Pembuang juga merupakan satu-satunya bandara di Kalteng yang dapat terus beroperasi ketika bandara lain tertutup kabut asap. "Pada 2017 rencananya ada penambahan anggaran untuk pengembangan bandara. Dengan penambahan anggaran itu Pemerintah Pusat berharap Bandara Kuala Pembuang bisa didarati pesawat jenis Boeing," tambah Sudarsono.

Saat ini Bandara Kuala Pembuang dengan panjang runway atau landasan pacu 1.200 meter dan hanya bisa didarati oleh pesawat jenis ATR-47, apabila benar-benar dikembangkan akan sangat menguntungkan dari segi ekonomi.

Dengan beroperasinya Pelabuhan Samudera Teluk Sigintung pada akhir 2016, ditambah dengan selesainya akses jalan yang menghubungkan daerah-daerah di Seruyan menuju Kuala Pembuang, maka pengguna jasa penerbangan melalui Bandara Kuala Pembuang diperkirakan akan meningkat.

Karena selama ini, banyak karyawan perusahaan perkebunan di Seruyan yang melakukan penerbangan melalui kabupaten tetangga seperti Kotim dan Kobar. "Dengan tersedianya akses jalan, maka pekerja perusahaan perkebunan yang jumlahnya ribuan dan sebagian besar dari Pulau Jawa dapat melakukan penerbangan melalui Bandara Kuala Pembuang," katanya. (Ant/B-2)

Berita Terbaru