Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Kampung Buntoi Bakal Berlangsung di Pulang Pisau

  • 11 Februari 2016 - 19:53 WIB

Pergelaran seni dan budaya bertajuk Festival Kampung Buntoi akan berlangsung di Kabupaten Pulang Pisau, 15-17 Juli 2016,

Menurut Restono, salah satu aktivis seni dab budaya Kalimantan Tengah mengatakan, kegiatan ini untuk menyemangati masyarakat agar semakin sadar pada pendidikan generasi muda, lingkungan hidup, dan bersama-sama menciptakan suasana masyarakat madani.

'Jaringan Kampung Nusantara (Japung) akan terlibat juga, di antaranya dalam penyusunan acara kegiatan ini,' kata pria yang juga Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis)/Pusat Sarana Komunikasi Iklim (PSKI) Rumah Bamboe, Desa Buntoi, Kelurahan Kalawa, Kecamatan Kahayan Hilir, Kamis (11/2).

Restono mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung secara swadaya serta partisipasi sejumlah pihak lain yang tidak mengikat. 

'Kegiatan yang akan kita laksanakan ini sifatnya menghibur, mengedukasi, mengajak partisipasi warga dalam kegiatan kesenian, dan menjalin silaturahmi antarwarga di Kampung Buntoi ini,' katanya.

Berbagai kegiatan akan merangkai kegiatan Fastival Kampung Buntoi ini, di antaranya diskusi budaya, panggung seni, pasar kuliner tradisional, penampilan seni musik tradisional, kontemporer, modern, penampilan seni tari dan lain-lain. 

Sejumlah artis dari berbagai daerah di Kalimantan Tengah dan provinsi lain di Indonesia, serta dari mancanegara seperti Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Jerman, dan Belgia, akan meramaikan kegiatan tersebut.

Restono mengaku optimistis Festival Kampung Buntoi dapat menjadi refleksi untuk desa-desa lainnya di Kalimantan Tengah. 

'Baik secara sadar atau tidak disadari, sebuah seni dan budaya adalah pertahanan terakhir yang menjadi identitas sebuah budaya adat bangsa,' terangnya.

Pawai, susur Sungai Pulau Mintin dan Buntoi akan juga mewarnai kegiatan yang baru pertama kali berlangsung di Kabupaten Pulang Pisau. (DY/m)

Berita Terbaru