Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilihan Ibukota di Hanau Tak Salahi Kajian Akademik

  • 11 Februari 2016 - 20:39 WIB

BADAN Pekerja Pembentukan Provinsi Kotawaringin (BP3K) meyakini dipilihnya kecamatan Hanau kabupaten Seruyan menjadi pusat ibukota Provinsi Kotawaringin, tidak akan mempengaruhi terlebih menyalahi hasil dari tim kajian akademik.

Meskipun, dalam hasil kajian akademik beberapa waktu lalu koordinat yang dinilai tepat untuk menjadi ibu kota provinsi Kotawaringin adalah di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat.

'Saya yakin ditetapkannya Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan sebagai pusat ibukota Provinsi Kotawaringin tidak menyalahi hasil kajian Akademik.

Karena, dalam klausul penetapannya juga ditambahkan klausul bahwa ibukota provinsi nanti pusatnya di kecamatan Hanau kabupaten Seruyan dengan wilayah meliputi Kecamatan Pangkalan Banteng (Kobar) dan Kecamatan Telawang (Kotim),' jelas Ketua BP3K provinsi, Pangeran Muasjidinsyah.

Artinya, sambung dia, saat ditambahkannya klausul tersebut, tentu tidak menyalahi atau keluar dari substansi hasil kajian akademik, karena sebagian wilayah dari Kobar juga masuk.

Lebih dari itu, Muasjidinsyah juga menilai bahwa dipilihnya Kecamatan Hanau menjadi pusat ibukota Kotawaringin juga berdasarkan kesepakatan semua masyarakat dari lima kabupaten yang diwakili BP3K-nya masing-masing.

Dengan demikian, katanya, hal ini menjadi kekuatan bersama untuk memberi penjelasan kepada pihak-pihak terkait nantinya, terkait penentuan letak ibukota tidak lagi berpolemik.

'Kalau lima daerah ini telah sepakat (menetapkan Kecamatan Hanau), maka kita tinggal menjelaskannya, termasuk nanti kepada tim ahli yang mengkaji pembentukan provinsi,' sebutnya.

Sekretaris BP3K provinsi, Indrawan Sakti, menambahkan, dia bangga atas kesungguhan dan tekad semua pihak termasuk perwakilan dari BP3K kabupaten dan pemerintah daerah yang akhirnya mencapai kata sepakat untuk menetapkan titik koordinat calon ibukota provinsi.(HN/B-11)

Berita Terbaru