Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Barito Timur Gelar Acara Semeja Bersama Kapolres di Balai Basarah Hindu Kaharingan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 November 2022 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Polres Barito Timur menggelar acara Semeja Bersama Kapolres di Balai Basarah Hindu Kaharingan Hante di Desa Dorong Kecamatan Dusun Timur, Rabu, 30 November 2022.

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela, Wakapolres Kompol Zulyanto L Kramajaya, Tokoh Agama Hindu Kaharingan se-Kabupaten Barito Timur dan para pejabat utama Polres Barito Timur.

Dalam sambutannya, Ketua Majelis Daerah Hindu Kaharingan Barito Timur, Lamak mengatakan, Majelis Daerah Hindu Kaharingan Barito Timur terbentuk pada tahun 2020.

Selain pada tingkat kabupaten, kepengurusan Agama Hindu Kaharingan juga terdapat di tingkat kecamatan yang disebut majelis resort dan di tingkat desa yang disebut mejelis kelompok.

"Karena itu kami berharap ada kerja sama yang baik dengan jajaran Polres Barito Timur dalam penyelenggaraan kegiatan keagamaan sehingga diketahui batasan-batasan antara kegiatan adat dan keagamaan Hindu Kaharingan," ujarnya.

Menurut Lamak, data yang dihimpun pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa umat Hindu Kaharingan di Barito Timur berjumlah sekitar 13.000 orang dan tersebar di 10 kecamatan yang ada.

"Sedangkan majelis resort telah terbentuk di 7 kecamatan," jelasnya.

Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela pada kesempatannya menyampaikan rasa bangga karena dapat duduk satu meja dan berinteraksi dengan tokoh-tokoh Agama Hindu Kaharingan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu yang sudah meluangkan waktu menyiapkan tempat ini untuk kegiatan Semeja Bersama Kapolres," ucapnya.

Semeja Bersama Kapolres merupakan program Kapolres AKBP Viddy Dasmasela untuk bersilaturahmi dan berinteraksi dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan berbagai kelompok masyarakat tanpa batasan apapun dalam kondisi santai atau rileks.

Pada kesempatan tersebut para tokoh agama dapat menyampaikan berbagai keluhan, saran, masukan maupun harapan terkait pelayanan kepolisian maupun pemerintah daerah.

Berita Terbaru