Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya Minta Pemko Gencar Benahi Drainase

  • Oleh Hendri
  • 30 November 2022 - 21:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung meminta pemerintah gencar membenahi saluran drainase agar berfungsi dengan baik guna mencegah terjadinya genangan air terutama di musim hujan pada akhir tahun ini.

“Kami minta dinas terkait seperti PUPR ataupun Disperkim agar mengawasi dan memperbaiki jika ada drainase sesuai kewenangannya, yang dalam kondisi rusak sehingga berfungsi baik," katanya, Rabu, 30 November 2022.

Ia mengatakan, hal paling penting bagi dinas dan instansi terkait lainnya saat musim hujan adalah memastikan saluran drainase berfungsi dengan baik sehingga tidak menimbulkan genangan air. 

Pengawasan sebaiknya dilakukan berkala dan aparatur PUPR maupun dinas terkait lainnya harus terjun langsung memastikan drainase bisa berfungsi maksimal sebagai fasilitas perkotaan mencegah banjir. 

“Pengawasan berkala harus dilakukan apalagi saat ini curah hujan tinggi dan harus diantisipasi terjadinya banjir. Selain fungsinya, pembuatan drainase juga harus sesuai estetika,” tutur politisi PDIP ini.


Dia menyebutkan pembuatan drainase hendaknya memperhatikan estetika terutama pada bagian penutup yang harus rata permukaan badan jalan agar nyaman dipandang serta fungsi tetap maksimal. 

“Jangan sampai permukaan badan jalan bergelombang ditambah tutup drainase lebih rendah dari permukaan aspal jalan sehingga membahayakan pengguna jalan dan membuat tidak nyaman dilalui,” pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru