Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Barito Timur Lepas Tim Pagelaran Promosi Antraksi Budaya ke TMII Jakarta

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Desember 2022 - 01:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar, melepas Tim Pagelaran Promosi Antraksi Budaya Daerah Barito Timur yang akan tampil pada Anjungan Kalimantan Tengah di Taman Mini Indonesia Indah atau TMMI Jakarta Timur, Rabu, 30 November 2022.

"Saya bersyukur pada akhirnya tim kita dapat ditampilkan di sana dan nanti sebelum berangkat saya akan cek lagi agar persiapannya benar-benar sempurna," ucap Panahan dalam sambutannya.

Menurutnya, kegiatan tersebut dianggarkan oleh sekretariat daerah bersama dinas kebudayaan, pariwisata, kepemudaan dan olahraga karena ada kesesuaian program dengan pemerintah provinsi dan pusat.

Pada kesempatan itu, Sekda juga menyampaikan harapannya agar semua pihak dapat mendukung pengembangan dan pelestarian seni budaya Kabupaten Barito Timur.

"Untuk kelancaran tim kita akan semaksimal mungkin membantu dari segi kewenangannya," ujarnya di GPU Mantawara Tamiang Layang.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Barito Timur, Herawani mengungkapkan, Pemkab Barito Timur gencar mempromosikan potensi seni, budaya, pariwisata, industri kecil dan kerajinan kepada masyarakat luas.

Kali ini promosi dilakukan Disbudparpora dalam gelar seni di Anjungan Kalimantan Tengah TMII pada tanggal 3 November 2022.

"Jadi antraksi budaya kita bisa diapresiasi oleh masyarakat yang ada di luar Barito Timur," kata Herawani.

Antraksi budaya yang akan ditampilkan di TMII yaitu wadian bulat yang mengandung nilai filosofi warisan leluhur serta beberapa tari lainnya.

"Dalam kegiatan ini kami merekrut beberapa penari dari sanggar yang berbeda. Rombongan termasuk pemain musik serta tim medis berjumlah 26 orang," terang Herawani. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru