Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maksimalkan Pembangunan di Wilayah Perdesaan

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Desember 2022 - 14:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Jubair Arifin mendorong pemda di provinsi ini agar dapat memaksimalkan pembangunan di wilayah pedesaan pada berbagai sektor.

Nemaksimalkan pembangunan di perdesaan tujuannya agar suatu desa dapat maju dan berkembang serta mandiri, dengan begitu tidak ada lagi desa di wilayah Kalteng yang tertinggal.

"Masih banyak desa tertinggal di Kalteng ini yang perlu mendapat perhatian pemerintah. Maka dari itu pembangunan di desa-desa itu perlu dimaksimalkan agar tidak semakin tertinggal," ujarnya, Kamis, 1 Desember 2022.

Dia mengatakan, banyak sektor yang pembangunannya perlu digencarkan di wilayah pedesaan terutama pelosok. Baik itu infrastruktur jalan maupun jembatan, jaringan listrik, telekomunikasi, perekonomian dan lain sebagainya.

Dijelaskannya memang pada dasarnya setiap desa sekarang ini sudah mendapat stimulus dari pemerintah yakni berupa dana desa untuk menyokong berbagai keperluan desa termasuk untuk membangun desa itu sendiri.

Akan tetapi dana desa yang ada itu tidak dapat secara menyeluruh dalam memaksimalkan pembangunan di desa, sehingga masih memerlukan dukungan pemda, seperti halnya membangun jalan maupun jembatan penghubung antar desa yang tentunya memerlukan dana besar.

"Tidak semua pembangunan di desa dapat dilakukan menggunakan dana desa yang ada, namun ada juga yang memerlukan bantuan pemda diantaranya membangun jaringan listrik, telekomunikasi, jalan maupun jembatan dan masih banyak yang lain," tuturnya.

Ia menyebut kemajuan suatu daerah itu dinilai apabila wilayah-wilayah termasuk pedesaan tidak ada lagi yang tertinggal, maka dari itu hal ini perlu menjadi perhatian serius pemerintah di Bumi Tambun Bungai ini.

"Harapan kita kedepan semua desa di Kalteng ini bisa maju dan terus mengalami perkembangan, namun tentu saja tidak hanya bisa mengandalkan desa itu sendiri untuk maju, tapi perlu juga dukungan pemda," tukasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru