Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dukung Arahan Gubernur Kalteng Terkait Pelaksanaan Reboisasi Lahan

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Desember 2022 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Henry mendukung adanya arahan Gubernur Kalteng terkait pelaksanaan reboisasi ahan perkebunan terutama yang berada di daerah pinggiran sungai di wilayah provinsi ini.

"Saya mendukung apa yang telah dikatakan oleh Gubernur Kalteng beberapa waktu lalu, bahwa lahan yang sudah ada kebun sawitnya bahkan masuk pinggir sungai sampai hanya sisa 50 sampai 100 meter, agar direboisasi kembali," katanya, Kamis, 1 Desember 2022.

Arahan tersebut patut untuk ditindak lanjuti dalam rangka penanggulangan atau pencegahan bencana banjir yang beberapa tahun terakhir ini terus melanda Kalteng.

Maka dari itu, baik pihak perusahaan ataupun masyarakat dapat proaktif dalam melakukan reboisasi atau penghijauan kembali.

"Gundulnya hutan sangat berpengaruh terhadap daerah resapan air, sehingga menyebabkan masalah banjir yang terus-menerus, makanya lahan kritis di daerah aliran sungai harus ditanami mulai dari hulu. Peran swasta atau masyarakat pemilik lahan juga diperlukan, tidak hanya jadi tanggung jawab pemerintah saja," tuturnya.

Dia pun mendesak pemerintah pusat untuk ikut perperan, terutama dalam memerhatikan kondisi di wilayah Kalteng.

Pemerintah pusat diharapkan dapat memberikan intervensi kepada pengusaha yang berinvestasi di Kalteng untuk melakukan reboisasi di lahan-lahan yang gundul.

"Kepada pemerintah pusat kami minta agar memperhatikan hal tersebut, karena banjir ini sering terjadi akibat dari kesalahan manusia sendiri. Kasihan masyarakat lokal kita yang tidak tau apa-apa harus mengalami musibah tersebut, salah satu kabupaten yang menjadi dapil saya Barito Selatan yang pada tahun ini bencana banjirnya cukup parah," tukasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru