Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kalteng ini Dorong Pemda Buka Jalur Darat Menuju Desa Mekar Tani Katingan

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Desember 2022 - 16:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Evi Kayanti mendorong pemda agar dapat membuka jalur darat menuju Desa Mekar Tani di Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan.

Jalur darat menuju desa itu sangat penting dibuka sebab sekarang ini masih belum ada jalur darat di sana, untuk menuju desa tersebut masyarakat harus menggunakan tranportasi air atau kelotok.

"Perahu atau kelotok menjadi satu-satu transportasi yang digunakan untuk bisa mencapai desa, karena masih belum ada jalur darat, kita minta ini khususnya Pemda Katingan agar bisa membuka jalur darat kesana," ucapnya, Kamis, 1 Desember 2022.Mekar Tani merupakan salah satu desa di Katingan umum Kalteng sebagai penghasil cabai terbesar. Bagaimana tidak setiap kali panen desa itu mampu menghasilkan cabai hingga berton-ton, dan hasilnya pun didistribusikan ke wilayah Sampit dan Banjarmasin.

Namun kendala untuk mendistribusikan hasil panen cabai itu yakni infrastruktur jalan darat yang masih belum ada, sehingga satu-satunya alternatif yakni menggunakan jalur sungai. Maka dari itu, untuk medukung sektor pertanian tersebut harus dibangun jalur darat.

"Mengenai itu juga menjadi salah satu aspirasi masyarakat disana ketika kita melaksnakan reses beberapa waktu lalu. Jadi sangat diharapkan aspirasi itu bisa direalisasi, karena apabila jalur darat dibuka maka akses pun akan lebih mudah dan lancar serta perputaran ekonomi akan semakin baik, sebab tidak adanya jalur darat membuat harga-harga bapok disana mahal," tandasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru