Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terkait Penetapan Jumlah Kursi Legislatif, Begini Penjelasan Ketua KPU Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Desember 2022 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Adiresido menjelaskan untuk penetapan alokasi jumlah kursi legislatif atau anggota DPRD di daerah pemilihan (Dapil) dilihat dari jumlah penduduk.

Pengurangan alokasi kursi di dapil IV pada rancangan yang telah diumumkan pihaknya itu, bahwa sesuai dengan data kependudukan yang ada saat ini diperoleh oleh KPU yang terkoneksi mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pusat.

"Untuk dapil IV sendiri yang semula delapan kursi menjadi tujuh kursi untuk Pemilu 2024 mendatang, berdasarkan data kependudukan yang ada di wilayah tersebut," katanya.

Dijelaskannya jumlah Dapil di Kabupaten Kapuas ada lima Dapil yang meliputi Dapil I Kecamatan Selat, Dapil II Kecamatan Basarang, Kapuas Barat dan Mantangai.

Kemudian, Dapil III meliputi Kecamatan Timpah, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Mandau Talawang dan Pasak Talawang, Dapil IV Kecamatan Kapuas Hilir, Pulau Petak, Kapuas Murung dan Dadahup, dan Dapil V Kecamatan Bataguh, Kapuas Timur, Tamban Catur dan Kapuas Kuala.

Pemilu 2024, dari lima dapil tersebut yang mengalami pengurangan kursi hanya di dapil IV dan lainnya tidak ada pengurangan jumlah kursi. Sedangkan, untuk Dapil III yang semula lima kursi bertambah satu kursi, menjadi enam kursi.

"Penambahan kursi di Dapil III ini, karena sesuai data kependudukannya jumlah penduduknya meningkat dari tahun sebelumnya, secara otomatis sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2022, maka jumlah kursinya bertambah," jelasnya.

Ditambahkannya juga, hal itu dilakukan berdasarkan PKPU Nomor 6 Tahun 2022 tentang penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten/kota dalam pemilihan umum.

Juga berdasarkan keputusan KPU Nomor 448 Tahun 2022, tentang pedoman teknis penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten/ kota dalam pemilihan umum.

"Dalam peraturan ini, diatur mengenai prinsip penyusunan dapil serta tahapan penataan dapil yang meliputi tahapan persiapan dan pelaksanaan," ucapnya.

Dia mengatakan, tahapan persiapan dalam penataan dapil meliputi penerimaan data agregat kependudukan per kecamatan, pencermatan data kependudukan, data wilayah, dan peta wilayah, dan penetapan jumlah kursi anggota DPRD kabupaten/kota.

Sedangkan, dalam tahapan pelaksanaan dalam penataan dapil meliputi penyusunan rancangan penataan dapil, pencermatan rancangan penataan dapil dan rekapitulasi, konsultasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat, penetapan Dapil dan alokasi kursi serta sosialisasi Dapil. "Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan, tanggal 17 Oktober 2022," tuturnya.

Pelaksanakan pengumuman rancangan Dapil alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Kapuas dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, memang diberi kesempatan kepada siapa pun untuk memberikan tanggapan masyarakat yang disampaikan secara resmi dan langsung kepada KPU atau melalui web site/ laman helpdesk.kpu.go.id/tanggapan sampai dengan tanggal 6 Desember 2022. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru