Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyuluh Pertanian di Paju Epat Demonstrasikan Cara Penggunaan Pembeku Lateks

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Desember 2022 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Penyuluh Pertanian Lapangan atau PPL di Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Paju Epat Kabupaten Barito Timur mendemonstrasikan kepada kelompok tani cara penggunaan pembeku lateks atau getah karet, Kamis, 1 Desember 2022.

Koordinator BPP Paju Epat Lukmanul Chakim mengatakan, demonstrasi tersebut dilakukan agar anggota kelompok tani atau pekebun karet dapat mengetahui teknik dan takaran penggunaan pembeku yang benar.

Peragaan cara memakai pembeku lateks dilakukan oleh Dudi Prahma PPL yang bertugas di Desa Telang Kepada Kelompok Tani Daya Kaleko.

"Saat memasuki musim hujan seperti sekarang, hasil mantat (lateks) tidak bisa dibiarkan membeku secara alami karena seringkali tiba-tiba hujan saat lateks belum membeku, itu sebabnya para petani harus menggunakan pembeku lateks dan mengetahui cara mengaplikasikan dengan benar," jelas Lukmanul.

Dia menambahkan, BPP Paju Epat melalui PPL yang bertugas di setiap desa terus mendampingi kelompok tani binaan sehingga dapat mengetahui dan memberikan solusi atas setiap permasalahan pertanian yang dihadapi petani dari budidaya hingga penjualan hasil pertanian.

"Apa yang kami lakukan ini mengantisipasi risiko kegagalan bagi petani terutama di tengah kondisi ekonomi yang kurang baik dan harga jual karet yang menurun saat ini," kata Lukmanul.

Selain anggota Kelompok Tani Daya Kaleko, kegiatan demonstrasi cara penggunaan pembeku lateks juga dihadiri oleh Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan atau KTNA Kecamatan Paju Epat, Arbahawino. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru