Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonosobo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nelayan di Kecamatan Arsel Terima Bantuan Mesin Konversi BBM ke BBG

  • Oleh Wahyu Krida
  • 02 Desember 2022 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Proses pendistribusian mesin kelotok konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) yang merupakan program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, usulan dari anggota DPR RI Komisi VII asal Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Mukhtarudin terus dilakukan untuk para nelayan di Kecamatan Arut Selatan (Arsel).

Ujang Ebot Sabarudin, perwakilan Mukhtarudin di bagian barat Kalteng saat pendistribusian mesin konversi BBM ke BBG ini mengatakan, untuk Kecamatan Arsel disalurkan 215 paket mesin.

"Total bantuan mesin konversi BBM ke BBG yang bisa diterima nelayan dan petani Kabupaten Kobar berjumlah 1045 paket lengkap yaitu mesin dan tabung gas elpiji 3 kilogram. Harapannya tahun depan petani dan nelayan di Kobar bisa kembali mendapatkan bantuan serupa yang sudah diusulkan sebanyak 1000 unit," jelas Ujang Ebot Sabarudin, Kamis, 1 Desember 2022.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Nelayan, Dinas Perikanan Kobar, Manis Suharjo menjelaskan, adanya konversi BBM ke BBG ini bisa mengurangi biaya operasi nelayan sampai 30 persen.

"Kalau kita dibandingkan itu satu tabung 3 kilo ini setara dengan 9 liter BBM. Artinya ada penghematan hampir 30 persen biaya operasional dalam 1 kali pelayaran," paparnya. 

Menurut Manis Suharjo, agar tidak terjadi tumpang tindih antara BBG untuk kebutuhan rumah tangga, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pertamina terkait teknisnya.

"Awalnya penyaluran gas bagi nelayan memang masih dititipkan pada pangkalan-pangkalan gas yang ada. Namun kedepan, nantiya bakal diusahakan adanya pangkalan BBG khusus nelayan," demikian Manis Suharjo menyampaikan. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru