Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kelemahan Berita Pemerintah Menurut Kadis Kominfosantik Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 02 Desember 2022 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfosantik) Kalteng, Agus Siswadi mengakui berita pemerintah tidak sempurna.

Agus menilai berita pemerintah masih memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah sifat berita yang seremonial dengan nilai berita rendah.

"Isinya tidak bermanfaat buat pembaca atau masyarakat, hanya bermanfaat untuk brand institusi dan berisikan citra positif pimpinan," tuturnya pada acara literasi media dan akademi Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS), di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Kamis, 1 Desember 2022.

Ia menilai untuk mengukur menarik atau tidaknya sebuah berita bisa dibagi menjadi empat bagian. Dimulai dari penting dan menarik, penting tapi tidak menarik, tidak penting tapi menarik; dan tidak penting dan tidak menarik.

Agus menyebut, kunci utama sebuah berita adalah bagaimana mengangkat satu peristiwa dari sudut pandang/angle.

Namun dengan syarat sudut pandang berita tersebut adalah sudut pandang publik dan konsistensi yang artinya setelah judul langsung pada substansi.

“Fungsi berita adalah mempengaruhi pembaca, bukan sekedar dokumentasi. Mulailah dari sudut pandang publik, bukan dari sudut pandang institusi atau pejabat,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru