Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pegawai Pemerintah Duduki Peringkat 3 Penyumbang HIV/AIDS di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 02 Desember 2022 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Jumlah kasus yang terpapar virus HIV/AIDS di Kota Palangka Raya hingga tahun 2022 cukup tinggi. Dari data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Palangka Raya, tercatat lebih dari 600 kasus orang yang terinfeksi HIV/AIDS.

Sekretaris KPA Kota Palangka Raya, Susi Idawati menuturkan persentase terbesar penyumbang HIV/AIDS yakni orang yang bekerja di sektor swasta, mahasiswa, PNS/Honorer/Pensiunan, Pekerja Seks Komersial dan ibu rumah tangga.

"Pegawai pemerintah baik PNS maupun honorer menempati peringkat ketiga sebagai penyumbang kasus HIV/AIDS di Kota Palangka Raya," katanya, Jumat, 2 Desember 2022.

Dia menjelaskan, penyebab penularan HIV/AIDS nyatanya masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu hubungan seks tidak aman dan beresiko. Penularan hanya dapat terjadi melalui 4 hal yakni melalui darah, cairan sperma maupun cairan vagina dan air susu ibu (ASI) yang telah mengindap HIV/AIDS sebelumnya.

"Penyebab resiko penularan tertinggi didominasi oleh aktivitas seksual lelaki seks lelaki (LSL) ataupun homoseksual. Nah selanjutnya ialah mereka yang heteroseksual," ungkapnya.

"Menariknya, dari data yang ada justru pekerja seks komersial jumlah kasus penyebarannya ada di bawah pegawai pemerintahan," imbuhnya.

KPA Kota Palangka Raya terus memperkuat langkah pencegahan. Pihaknya tetap bekerjasama dengan layanan kesehatan yakni Dinas Kesehatan dan puskesmas. Melalui layanan terintegrasi dengan TB-HIV diadakan konseling yang bisa di puskesmas selain di RS Doris Silvanus.

Kemudian peningkatan petugas layanan yang melayani HIV/AIDS, pertemuan bersama Kelompok Dukungan Sebaya, pertemuan lintas sektor dengan stakeholder dan instansi-instansi, sosialisasi dan edukasi ke masyarakat serta beberapa program lainnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru