Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Binjai   Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Iklim Investasi di Bidang Perkebunan Menurun

  • 12 Februari 2016 - 14:35 WIB

Kondisi iklim investasi sektor perkebunan di Kabupaten Barito Utara (Barut) saat ini menurun draktis terkena dampak penurunan ekonomi global. Padahal Kabupaten Barut masih berpotensi dalam hal pengembangan perkebunan, baik kelapa sawit maupun karet.

Saat ini jumlah Izin Usaha Perkebunan (IUP) di Kabupaten Barito Utara sejak tahun 2013 sebanyak 29 IUP, dari 29 IUP tersebut 8 IUP telah operasional, sedangkan 21 IUP yang lain terkendala dalam hal status kawasan hutan.

'Perusahaan sedang melakukan proses pengurusan izin pelepasan kawasan hutan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sehingga perusahaan tersebut belum boleh operasional di lapangan,' kata Bupati Barito Utara H Nadalsyah, Jumat (12/2).

Menurutnya, dampak ekonomi global yang menurun mengakibatkan iklim investasi di bidang perkebunan menurun. Ini berpengaruh terhadap harga CPO/TBS yang menurun dan harga karet yang rendah, yaitu di harga Rp5.000, per liter untuk CPO dan Rp4.000 untuk karet lump.

Menurunnya iklim investasi mengakibatkan beberapa perusahaan besar swasta di bidang perkebunan menghentikan pengembangan pembangunan kebun.

'Perkebunan besar swasta yang menghentikan kegiatan pengembangan bukan berarti mereka meninggalkan usahanya di Kabupaten Barut, melainkan menunggu membaiknya ekonomi dunia sehingga ada kepastian dalam mereka berusaha,' tukasnya. (sdk/m)

Berita Terbaru