Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembinaan Kemandirian WBP Rutan Kapuas Tunjukkan Hasil Positif

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Desember 2022 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pembinaan kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas di bidang perkebunan kembali menunjukkan hasil positif.

Seperti terlihat pada Jumat, 2 Desember 2022. Staf KPR Rutan Kapuas, selaku pengawas pembinaan kemandirian di luar tembok bersama WBP melakukan panen sayuran jenis sawi dan cabai.

Kepala Rutan Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto, melalui staf KPR INyoman Purana, mengatakan bahwa budi daya sawi dan cabai ini merupakan salah satu sarana bagi para WBP untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam bercocok tanam. 

"Kegiatan ini juga merupakan sebuah wadah bagi WBP untuk belajar dan memperkaya ilmu pengetahuan yang dapat mereka gunakan nanti ketika bebas dan dapat membuat kebun sayuran secara mandiri yang berpotensi sebagai pendapatan ekonomi mereka nantinya," kata Purana. 

Meski ditanam di area yang terbatas, hasil panen yang didapatkan terbilang memuaskan. Sayur sawi dan cabai hasil panen kali ini sangat bagus serta tidak mengalami kerusakan.

Selanjutnya, hasil panen ini akan langsung dijual yang mana sebagian dari keuntungannya untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan sebagiannya untuk premi para WBP yang terlibat dalam pembinaan tersebut. 

“Hasil panen hari ini 30 ikat dan cabainya sebanyak 2 kilogram,” pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru