Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemda Punya Peran Dukung Sertifikasi Produk Halal

  • Oleh Tim Borneonews
  • 03 Desember 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -  Rapat Koordinasi yang digagas oleh Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Tengah dengan mengundang Satgas Sertifikasi Halal/ Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Provinsi Kalteng, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Provinsi Kalteng, Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan Pusat Kajian Halal IAIN Palangka Raya, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Kalteng, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) dan Komisi Fatwa MUI Kalteng di Aula Kantor MUI Kalteng.

Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Kalteng, Dr. Ir. H. Syamsuri Yusup, M.Si menyampaikan bahwa rapat koordinasi sertifikasi halal ini merupakan langkah awal untuk menyamakan presepsi dan teknis dalam proses sertifikasi produk halal di Kalimantan Tengah.

"Harapannya dengan rapat koordinasi ini memperkuat para pelaku usaha untuk dapat mengajukan proses sertifikasi halal di Kalimantan Tengah dan mendapatkan penjelasan prosesnya sehingga mendapatkan solusi terbaik," katanya.

Sementara itu, Sekretaris MES Kalteng, H. Heru Hidayat, ST, M.Pd menyambut dan mengapresiasi langkah koordinasi yang digagas oleh MUI Kalteng untuk memberikan motivasi bagi masyarakat yang memiliki usahanya dan mendaftarkan proses sertifikasi produk halalnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Heru yang juga alumni pascasarjana UPR ini menyampaikan masukan agar dilakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk membantu proses sosialisasi dan juga dukungan bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan kemudahakan dalam pembiayaan proses sertifikasi produk halal. (*/)

Berita Terbaru