Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Harap Pemda Terus Berupaya Ciptakan SDM Sehat di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 05 Desember 2022 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Jainudin Karim berharap kepada pemda baik provinsi, kabupaten dan kota agar dapat terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) sehat di Kalteng.

Menurutnya, apabila banyak tercipat SDM sehat di provinsi ini maka hal itu akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan manusia khususnya generasi penerus di Bumi Tambun Bungai kedepan.

"Menjaga SDM itu harus bisa dimulai semenjak dini. Banyak persoalan yang masih harus dituntaskan terkait kesehatan di Kalteng ini terutama stunting yang menjadi permasalahan sejak lama," ucapnya, Senin, 5 Desember 2022.

Dia mengatakan untuk dapat mencipatkan SDM sehat, tentu sejumlah hal pada sektor kesehatan harus dapat senantiasa diperhatikan secara menyeluruh baik itu keberadaan sarana dan prasarana maupun fasilitas pendukungnya.

"Khususnya tenaga kesehatan, ini masih belum merata. Stunting ini kan kerap terjadi di wilayah pelosok, nah akibat tenaga kesehatan yang tidak merata jadi penuntasan kasus tersebut tidak maksimal," ujarnya.


Disebutkannya, apabila tenaga kesehatan merata hingga wilayah-wilayah pelosok maka ada petugas yang mensosialisasi terkait stunting dan juga faktor penyebab gangguan kesehatan lainnya seperti kurangnya gizi.

"Ini yang perlu menjadi perhatian serius pemerintah saat ini jika ingin kasus stunting bisa ditekan. Karena memang keberadaan sarana atau fasilitas serta tenaga kesehatan yang memadai sangat penting," tuturnya.

"Jika semua memadai, maka dampaknya pelayanan kesehatan akan lebih maksimal diberikan kepada masyarakat, sehingga persolan kesehatan bisa diatasi dan akan tercipta SDM yang sehat," tandasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru