Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Barito Timur Resmikan Objek Wisata Luaw Banse di Desa Jaweten

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 05 Desember 2022 - 17:11 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh meresmikan Objek Wisata Alam Luaw Banse di RT 03 Desa Jaweten Kecamatan Dusun Timur, Senin, 5 November 2022.

Dalam sambutannya Wabup mengatakan pariwisata merupakan salah satu industri yang dapat menopang pergerakan ekonomi Indonesia termasuk Kabupaten Barito Timur.

"Industri pariwisata merupakan salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi saat ini mengingat industri pariwisata memiliki komponen yang memberikan multiplier effect (efek ganda) sehingga mendukung penyelesaian beberapa permasalahan ekonomi," ungkapnya.

Karena itu Pemkab Barito Timur terus berupaya mengembangkan objek wisata yang ada di daerah setempat yang meliputi wisata alam, wisata religi, wisata kuliner dan yang lainnya sebagaimana yang telah dirumuskan dalam salah satu misi Pemkab Barito Timur yaitu membangun dan meningkatkan pariwisata yang berwawasan lingkungan.

Sementara itu, pemilik Objek Wisata Alam Luaw Banse, Amonius menjelaskan, objek wisata yang berada di areal seluas 7 hektare tersebut mengeksploitasi keindahan alam yang masih asli dengan hutan, rawa dan udara yang sejuk yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Hutan dan rawa tersebut, lanjut dia, awalnya tidak memiliki potensi ekonomi apapun. "Kami kemudian terinspirasi untuk membuat objek wisata alam sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat Barito Timur yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang," ujarnya.

Menurut pria yang akrab dipanggil Tuyum ini, fasilitas yang ada di Luaw Banse yaitu kolam pemancingan 3 buah, titian ulin sepanjang 1.500 meter untuk mengitari rawa dan hutan, patung-patung binatang, panggung hiburan, villa, pendopo, peralatan musik untuk menunjang masyarakat yang ingin menggelar acara di taman tersebut serta tempat berjualan.

"Kami berharap Objek Wisata Alam Luaw Banse dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat Desa Jaweten dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum," ucapnya.

Peresmian Objek Wisata Alam Luaw Banse juga dihadiri oleh Wakil Ketua I dan II DPRD Barito Timur, Wakapolres dan beberapa pejabat utama Polres Barito Timur, beberapa kepala perangkat daerah Pemkab Barito Timur, Kapolsek Dusun Timur, kepala desa di Kecamatan Dusun Timur, toko agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru