Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Gunung Mas Dorong Adanya Perpustakaan Desa

  • Oleh Riska Yulyana
  • 05 Desember 2022 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing dorong pihak desa untuk membuat perpustakaan desa.

"Saya dorong pihak desa untuk membuat perpustakaan desa, termasuk di kelurahan yang ada di Kabupaten Gunung Mas," ujar Efrensia, Senin, 5 Desember 2022.

Efrensia mengatakan, ruang perpustakaan bisa saja memanfaatkan gedung kantor desa atau kelurahan yang ada. "Saya lihat ada sejumlah desa yang sudah membuat perpustakaan desa yang mana juga sekaligus dipakai untuk jadi kantor," terangnya.

Dia melanjutkan, pihak desa juga bisa meminta bantuan pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas untuk memfasilitasi pembuatan proposal bantuan perpustakaan desa untuk diajukan kepada pihak Perpustakaan Nasional RI. 

"Perlu adanya buku-buku seperti cara bercocok tanam, membuat pupuk, masak-memasak makanan bergizi, dan buku lain yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Jadi tidak hanya buku pelajaran namun juga buku lainnya," jelas Efrensia.

Sebaiknya disediakan pula buku-buku untuk anak-anak sehingga anak-anak bisa semakin minat dan membudayakan membaca.

Wakil Bupati Gunung Mas tersebut berharap, dengan adanya perpustakaan desa bisa meningkatkan budaya membaca sehingga menambah wawasan masyarakat setempat. (RISKA YULYANA/B-5)

Berita Terbaru