Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Apresiasi Pembukaan Objek Wisata Luaw Banse

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 Desember 2022 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Ariantho S Muler mengapresiasi pembukaan Objek Wisata Alam Luaw Banse di RT 03 Desa Jaweten yang dikelola oleh Amonius atau Tuyum, salah satu pengusaha muda di Barito Timur.

Objek wisata tersebut diresmikan oleh Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh, Senin, 5 Desember 2022, dengan dihadiri unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

"Ini luar biasa karena mereka bisa mengubah rawa dan hutan menjadi objek wisata yang menarik. Ini menjadi pencapaian yang baik antara masyarakat dan pemerintah daerah," ujar Ariantho saat menghadiri peresmian.

Menurutnya, objek wisata itu dapat menggerakkan perekonomian di desa karena akan membuka lapangan kerja bagi warga setempat.

Sementara itu, Tuyum sebagai Pemilik Objek Wisata Alam Luaw Banse mengatakan, objek wisata yang berada di areal seluas 7 hektare dan berjarak 10 kilometer dari pusat Kota Tamiang Layang tersebut mengeksploitasi keindahan alam yang masih asli dengan hutan, rawa dan udara yang sejuk yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Hutan dan rawa itu, lanjut dia, awalnya tidak memiliki potensi ekonomi apapun karena tidak digarap.

"Kami kemudian terinspirasi untuk membuat objek wisata alam sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat Barito Timur yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang," ujar Tuyum.

Dia menambahkan, fasilitas yang ada di Luaw Banse yaitu kolam pemancingan 3 buah, titian ulin sepanjang 1.500 meter untuk mengitari rawa dan hutan, patung-patung binatang, panggung hiburan, villa, pendopo, peralatan musik untuk menunjang masyarakat yang ingin menggelar acara di taman tersebut serta tempat berjualan.

"Kami berharap Objek Wisata Alam Luaw Banse dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat Desa Jaweten dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum," ucapnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru