Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPA: Perlu Peran Aktif Semua Lembaga Cegah HIV/AIDS

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 06 Desember 2022 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengingatkan perlunya peran aktif semua lembaga untuk mencegah HIV/AIDS.

“Untuk pencegahan penyebaran HIV/AIDS semakin luas, tentu diperlukan peran aktif dari semua lembaga,” tutur Sekretaris KPA Kalteng, Saidah Suryani, Senin, 5 Desember 2022.

Ia menyampaikan untuk pemerintah sendiri perlu lebih gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pegawainya maupun masyarakat secara umum.

Edukasi akan semakin memberikan wawasan, serta kesadaran masyarakat. Tidak hanya tentang bahaya HIV/AIDS tapi juga perilaku seksual menyimpang yang menjadi penyebabnya.

“Kami disini fokus pada pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDSnya. Hampir setiap minggu itu ada sosialisasi dan edukasi yang kami lakukan,” ungkapnya.

Saidah mengatakan untuk penanggulangan pihaknya tidak bisa berdiri sendiri, karena anggaran KPA yang terbatas. Penanganan masyarakat yang sudah terpapar, akan menjadi kewenangan Dinkes dan rumah sakit. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru