Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPP Paju Epat dan Duta Petani Milenial Kunjungan Monev pada Lahan Budidaya Tumpangsari

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 Desember 2022 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur, Lukmanul Chakim bersama Duta Petani Milenial Eben Heizar Tefbana, melakukan kunjungan monitoring dan evaluasi atau Monev di RT 02 Desa Balawa, Senin, 5 Desember 2022.

Kali ini kunjungan dilakukan pada lahan budidaya dengan pola tanam tumpangsari milik anggota Kelompok Tani Anugerah Alam Lagai bernama Turiman yang mengembangkan tanaman tumpangsari jagung dan lombok besar pada lahan seluas 0,5 hektare.

Saat diwawancarai, Lukman menjelaskan bahwa kehadiran Duta Petani Milenial dalam monev yang dilakukan BPP merupakan bentuk dukungan untuk mensukseskan kegiatan ketahanan pangan Kabupaten Barito Timur khususnya di Kecamatan Paju Epat serta menarik minat generasi muda untuk menekuni sektor pertanian menuju pertanian yang lebih maju, mandiri dan modern.

Dalam monev itu pihaknya melakukan identifikasi serangan organisme pengganggu tanaman atau OPT pada tanaman jagung dan lombok, memantau jadwal pemupukan memasuki musim hujan hingga Maret 2023 serta memantau produktivitas tanaman cabai yang ditanam dengan pola tumpangsari.

Kepada Borneonews Lukman menjelaskan, dengan pola tumpangsari pendapatan petani semakin meningkat. Pasalnya dalam setiap bedeng ditanam dengan tanaman polikultur sehingga dalam satu hamparan lahan petani bisa panen beberapa komoditas.

"Keuntungan lain budidaya dengan cara tumpangsari yakni pada momentum natal dan tahun baru ini rata-rata harga komoditas hortikultura dan tanaman pangan meningkat sehingga pendapatan petani juga ikut meningkat," imbuhnya.

"Budidaya dengan pola tanam tumpangsari juga membuat pengendalian hama tanaman cabe lebih efektif, karena bunga jagung akan mengalihkan perhatian hama cabai," tandas Lukman. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru