Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Minta Kabupaten Kota Siapkan 10-45 Persen Anggaran Ketahanan Pangan

  • Oleh Nopri
  • 08 Desember 2022 - 18:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran meminta, seluruh pemerintah kabupaten dan kota agar dapat menganggarkan 10 hingga 45 persen untuk membangun ketahanan pangan pada wilayah masing-masing.

"Saya sudah pertegas, saya tidak akan tanda tangan APBD jika didalamnya belum ada anggaran ketahanan pangan. Paling tidak ada 10 hingga 45 anggaran ketahanan pangan di dinas pertanian atau dinas lainnya," katanya, Kamis, 8 Desember 2022.

Anggaran ketahanan pangan merupakan hal yang wajib dianggarkan oleh masing-masing pemerintah daerah baik pada tingkat provinsi, kabupaten, dan kota, sebagai langkah awal menjaga ketersediaan bahan kebutuhan pangan di daerah.

"Jangan sampai kita ribut pada saat terjadi inflasi. Semua harus sudah dipersiapkan dari saat ini, mulai bangun ketahanan pangan, mulai tanam tanaman sayur, buah, atau tanaman pangan lainnya di pekarangan kosong sekitar rumah. Jadi saat terjadi inflasi kita tidak perlu khawatir lagi," tegasnya.

Untuk itu, ia mengajak, perusahaan swasta yang melakukan investasi di provinsi setempat untuk dapat mewujudkan ketahanan daerah dan memperkuat perekonomian dalam menghadapi inflasi.

"Saya sudah minta perusahaan swasta yang ada di Kalimantan Tengah untuk ikut turut serta dalam memperkuat perekonomian daerah, dengan cara menyiapkan lahan untuk membuat wilayah ketahanan pangan," tutupnya. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru