Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPP Paju Epat Gelar Pertemuan dengan BPS dan Seksi Hortikultura Dinas Pertanian

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 08 Desember 2022 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur menggelar pertemuan rutin, Kamis, 8 Desember 2022.

Pertemuan kali ini dilakukan bersama Badan Pusat Statistik atau BPS serta Seksi Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur.

Koordinator BPP Paju Epat Lukmanul Chakim menuturkan, pertemuan tersebut diisi dengan sosialisasi kegiatan pengubinan komoditas hortikultura dan tanaman pangan.

Pengubinan sendiri merupakan teknik yang digunakan oleh petugas pertanian maupun statistik untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian tidak hanya padi sawah

"Tujuannya kegiatan adalah untuk menyamakan persepsi bagi penyuluh pertanian mengenai teknik pengubinan komoditas hortikultura dan tanaman pangan di wilayah Paju Epat," ungkapnya.

Lukmanul berharap dengan teknik pengubinan yang tepat, para petani bisa mengetahui perkiraan potensi hasil dari komoditas hortikultura.

"Jadi misalkan nanti petani menjual secara ijon (borong) hasil panennya, mereka tidak lagi kesulitan menetapkan harga jual," ujarnya.

"Begitu juga untuk dinas pertanian dan BPS, lebih mudah melakukan pendataan maupun sensus pertanian," lanjutnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru