Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Ini Minta Masyarakat di Wilayah Pedesaan Manfaatkan Perpusdes

  • Oleh Donny Damara
  • 09 Desember 2022 - 15:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Siswandi meminta kepada masyarakat khususnya yang ada di wilayah pedesaan agar dapat memanfaatkan keberedaan perpustakaan desa (Perpusdes) sebagai sarana untuk menambah ilmu pengetahuan.

Ia mengatakan sejumlah desa pastinya sudah ada yang memiliki perpusdes, sehingga itu bisa dimanfaatkan dengan meluangkan waktu untuk membaca terutama bagi para pelajar yang masih membutuhkan sarana untuk belajar selain di sekolah.

"Budaya membaca ini harus bisa ditingkatkan, karena dari membaca itu kita dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. Manfaatkan sarana yang ada seperti perpusdes, karena kita ketahui banyak desa yang masih belum ada akses internet," ucapnya, Jumat, 9 Desember 2022.

Tidak adanya akses internet untuk menggali informasi, maka perspusdes menjadi salah satu solusi dalam rangka mendapatkan informasi, sebab diperpustakaan itu tidak hanya terdapat buku yang berkaitan dengan pendidikan saja, tapi juga ada buku lainnya yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan diberbagai bidang.

"Seperti buku pedoman bagaimana cara pengelolaan pertanian, perikanan, peternakan, dan lain sebagainya itu pasti ada. Jadi manfaatkan itu dengan baik. Dengan membaca maka pengetahuan dan wawasan akan bertambah, dan itu sangat berguna bagi kehidupan serta pengembangan diri," jelasnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada pemerintah baik provinsi, kabupaten dan kota supaya dapat senantiasa memperhatikan keberadaan perpusdes yang ada di wilayah pedesaan baik itu sarana dan prasarananya maupun fasilitas pendukung lainnya termasuk kelengkapan buku yang memadai.

"Jika ada desa yang belum memiliki perpusdes agar bisa dibangun, karena ini penting dalam rangka untuk mendorong masyarakat agar gemar membaca dan juga dalam upaya melestarikan budaya membaca. Harapan kita seluruh desa di Kalteng ini memiliki perpusdes," tandasnya. (DONNY D/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru