Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Srikandi DPRD Kalteng Ini Ajak Masyarakat Kembangkan Potensi Wirausaha

  • Oleh Donny Damara
  • 09 Desember 2022 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Srikandi DPRD Kalteng, Ina Prayawati mengajak masyarakat khususnya di Kalteng agar dapat melirik dan mengembangkan potensi wirausaha dalam upaya mendorong peningkatan perekonomian keluarga serta membangkitkan gairah ekonomi daerah.

Ina mengatakan peluang berwirausaha di Kalteng inj masih cukup tinggi, banyak sektor yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengembangkan usaha, tidak hanya pemanfaatan sumber daya alam (SDA) seperti pertanian atau perikanan, tapi juga industri skala kecil di tingkat rumah tangga.

"Saya mengajak masyarakat untuk mencoba mengembangkan kembali kewirausahaan dalam rangka membangkitkan kembali gairah perekonomian di Kalteng. Usaha bisa dilakukan dengan manfaatkan apa yang ada disekitar dengan modal kecil," ujarnya, Jumat, 9 Desember 2022.

Selain itu, dalam upaya mengembangka wirausaha ini juga dukungan pemda melalui instansi terkait sangat diperlukan. Tidak hanya soal pelatihan saja, akan tetapi juga dorongan motivasi dan lain sebagainya, yang mampu mendorong produktivitas masyarakat tersebut.

"Pastinya dalam berwirausaha itu ada berbagai persoalan yang akan dihadapi. Kami harap pemerintah bisa memberikan wadah bagi masyarakat, di mana wadah ini mampu memberikan solusi terbaik sehingga mereka bisa semakin berkembang. Perhatian pemerintah seperti ini lah yang dibutuhkan masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Palangka Raya, Farchan Slamet mengatakan keprihatinan saat ini yaitu kualitas produk usaha masyarakat lokal yang kurang memadai. Sehingga dukungan pemerintah untuk dapat mengembangkan wirausaha yakni dengan adanya standarisasi produk usaha lokal demi menjamin kepuasan konsumen.

"Dengan adanya standarisasi kualitas produk akan terjamin, kecenderungan masyarakat untuk membeli pun meningkat. Pemerintah diharapkan dapat membuat kebijakan atau program yang bisa mendorong produsen, terutama pelaku UMKM meningkatkan kapasitas terutama dari segi produknya," tukasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru