Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diharapkan Tertib Administrasi Kependudukan

  • Oleh Donny Damara
  • 09 Desember 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi I DPRD Kalteng, Sirajul Rahman berharap kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah pinggiran atau pelosok supaya dapat tertib administrasi kependudukan.

Masyarakat harus memperhatikan hal terkait itu baik mengurus kartu tanda penduduk (KTP) maupun kartu keluarga (KK). Sebab administrasi kependudukan tersebut sangat penting selain sebagai tanda pengenal diri juga agar program atau kebijakan pemerintah dapat diakses.

"Jika masyarakat tidak memiliki KTP ataupun KK maka program-program atau kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan bantuan dan sebagainya akan sulit diakses, dan juga dalam hal urusan lainnya," tuturnya, Jumat, 9 Desember 2022.

Tertib dalam mengurus administrasi kependudukan merupakan kewajiban warga negara di Indonesia secara umum khususnya Kalteng. Maka dari itu hal-hal penting seperti ini jangan sampai sesekali diabaikan karena dapat merugikan diri sendiri.

"Bisa kita katakan rugi, sebab misalkan ada bantuan dari pemerintah jika tidak memiliki KTP dan KK maka bantuan tidak bisa didapatkan, karena KTP dan KK ini biasanya menjadi salah satu syarat. Jadi ini perlu menjadi perhatian bersama," ujarnya.

Di sisi lain, ia pun mendorong pemerintah baik provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait dalam hal ini Disdukcapil agar bisa menggencarkan program jemput bola untuk mendapatkan data penduduk secara menyeluruh di Kalteng ini.

"Karena seperti di wilayah pelosok itu masih ada akses yang belum memadai sehingga menyulitkan masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukannya. Sehingga, Disdukcapil harus menggencarkan program jemput bola untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru