Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Pahandut Bawa Ratusan Ketua RT/RW Kaji Banding di Kalsel

  • Oleh Hendri
  • 09 Desember 2022 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kecamatan Pahandut membawa 109 RT dan RW ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) sejak tanggal 7-8 Desember 2022. Mereka melakukan kaji banding di Kecamatan Banjarmasin Barat membahas sejumlah hal penting untuk kemajuan wilayah Pahandut.

"Pertemuan dilaksanakan di aula kecamatan dan disambut oleh Bapak Hariata, Sekcam Kecamatan Banjarmasin Barat . Pertemuan dimulai pukul 13.30 dan berakhir pukul 16.30 WITA. Dalam pertemuan kurang lebih 3 jam banyak hal yang dibicarakan," kata Camat Pahandut, Berlianto, Jumat, 9 Desember 2022.

Hal-hal yang dibahas yakni terkait pengelolaan sampah, Satgas kebersihan dan capaian kinerja lainnya. Sementara yang menjadi ketertarikan adalah bagaimana memanfaatkan barang limbah menjadi bermanfaat dan menghasilkan.

"Dari pertemuan ini diharapkan dapat diikuti dan diimplementasikan di wilayah Pahandut. Apalagi wilayah Pahandut apabila musim penghujan banyak limbah kiriman termasuk botol bekas yang bisa dimanfaatkan," jelasnya.

Dia mengatakan, apabila nanti ketua RT/RW mampu memanfaatkan limbah seperti botol bekas menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomi, maka dapat diikuti oleh masyarakat di lingkungan masing-masing.

"Dengan begitu warga Kecamatan Pahandut lebih mandiri dalam menunjang perekonomian. Apalagi memanfaatkan sampah jadi barang bernilai ekonomis tidak membutuhkan modal besar, asalkan ada kemauan untuk berkembang," ungkapnya.

Melalui kunjungan kerja ke luar daerah tersebut diharapkan ketua RT/RW dapat mengambil manfaat dan mengedukasi masyarakat terkait ilmu yang sudah diperoleh sehingga terwujud masyarakat ekonomi cerdas sesuai visi-misi menuju smart city. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru