Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Prioritas untuk Membantu Mempercepat Pemulihan Ekonomi di Gunung Mas Tahun 2023

  • Oleh Riska Yulyana
  • 09 Desember 2022 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Untuk penerapan sinergi pembangunan wilayah Kalimantan Tengah tahun 2023, Kabupaten Gunung Mas mengalokasikan prioritas untuk membantu mempercepat pemulihan ekonomi dan stimulus perekonomian terlebih untuk penanganan inflasi di daerah dan untuk peningkatan pelayanan publik.

"Prioritas yang pertama yakni Dana Alokasi Umum (DAU) untuk mendukung pencapaian surat perintah membayar (SPM) terutama peningkatan akses air minum, sanitasi, peningkatan rumah tidak layak huni (RTLH), menjaga stabilitas arus akses transportasi jalan dengan peningkatan dan perbaikan jalan maupun jembatan," ujar Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing, Jumat, 9 Desember 2022.

Lanjutnya yakni, Belanja Perlindungan Sosial terutama untuk pasar penyeimbang pada 12 Kecamatan, dukungan food estate dengan produk unggulan lokal dengan konsep smart agro sistem pertanian terpadu.

Prioritas selanjutnya yakni, pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) sebagai dukungan smart tourism dalam masterplan pariwisata, lalu pemberdayaan dan penguatan desa membangun.

"Selain itu, pembangunan perpustakaan daerah dan juga penerapan pembangunan swakelola dengan sistem padat karya," terangnya tersebut.

Jaya melalui Efrensia mengatakan, prioritas tersebut merupakan kebijakan pembangunan daerah yang berkelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan daerah. (RISKA YULYANA/B-5)

Berita Terbaru