Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Sarankan ini untuk Kemajuan Kebun Raya Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 Desember 2022 - 22:30 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - DPRD Kabupaten Katingan menyambut baik keberadaan Kebun Raya Kabupaten Katingan. 

Saat ini Kebun Raya Katingan genap berusia 6 tahun,  dan telah banyak macam jenis tanaman pohon buah khas Kalimantan atau tropis. 

Jumat,  9 Desember 2022 hari ini Kebun Raya Katingan dibawah pengelolaan pihak Dinas Lingkungan Hidup atau DLH yang berada di Desa Bukit Batu, Kecamatan Katingan Hilir mengadakan gowes dan penanaman bibit pohon buah durian seluas 4 hektar.

Ini dilakukan memperingati hari ulang tahun ke 6 Kebun Raya Katingan.  Anggota DPRD Kabupaten Katingan,  Rudi Hartono mengaku bangga dengan adanya Kebun Raya Katingan tersebut. 

Pasalnya,  ujar politisi Partai Golkar ini,  sejauh ini tidak banyak daerah yang memiliki kebun raya. 

Di Provinsi Kalimantan Tengah dimungkinkan hanya Kabupaten Katingan yang memiliki kebun raya itu. 

"Ke depannya pihak pemerintah daerah atau pengelola harus melakukan terobosan-terobosan agar Kebun Raya Katingan ini bisa dikenal luas dan banyak dikunjungi wisatawan, " kata Rudi Hartono. 

Ia menggambarkan  misalnya melengkapi sarana dan prasarana penunjang lainnya, seperti dibangunnya gasebo,  toilet dan lain sebagainya. 

"Lokasi Kebun Raya Katingan yang berada di tepi Jalan Trans Kalimantan sebenarnya cukup strategis,  sebab pengunjung bisa datang dari berbagai penjuru,  namun perlu adanya penambahan fasilitas sehingga kebun raya kebanggaan warga Katingan itu dapat menjadi destinasi kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang pada akhirnya akan mendongkrak pendapatan asli daerah," imbuh Rudi Hartono. (ABDUL GOFUR/B-5) 

Berita Terbaru