Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Setiap Desa Diharapkan Mampu Berinovasi

  • Oleh Donny Damara
  • 16 Desember 2022 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Rusita Irma berharap setiap desa yang ada di provinsi ini mampu berinovasi dalam segala bidang agar desa bisa maju dan berkembang serta mandiri.

Menurutnya, desa-desa di Kalteng harus bisa mandiri sebab apa yang sudah dilakukan pemerintah dalam memperhatikan desa dengan menyalurkan anggaran dana desa (ADD), itu sebisa mungkin dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah inovasi.

"ADD yang ada harus dikelola dengan baik, jangan sampai disalahgunakan. Buat inovasi yang benar-benar dapat mendongkrak pendapatan desa agar kedepan bisa maju dan berkembang serta mandiri," ucapnya, Jumat, 16 Desember 2022.

Dia mengatakan, apabila desa memiliki inovasi dan itu berdampak terhadap pendapatan desa maka pembangunan di desa tersebut akan maju dengan pesat baik infrastruktur desa, sarana dan prasarana serta fasilitas umum penunjang lainnya.

Pasalnya, pendapatan desa itu nantinya memang diperuntuhkan untuk pembangunan. Mengingat selama ini jika hanya mengharapkan perhatian dari pemerintah maka perkembangan atau kemajuan desa akan berjalan lambat, sehingga desa harus bisa berdiri sendiri.

"Tidak semua harus mengandalkan perhatian pemerintah, maka dari itu desa harus bisa menciptakan kemandirian. ADD yang disalurkan pemerintah itu tujuannya agar desa bisa mandiri dalam segala hal dengan mengelola dana yang ada secara baik," tuturnya.

Dirinya berharap, pemerintah desa khususnya yang ada di Kalteng ini dapat mengelola dana desa dengan baik dan penggunaannya harus benar-benar tepat sasaran, yang paling penting yaitu menciptakan inovasi yang akan memberikan dampak terhadap pendapatan desa.

"Tentu kita tidak ingin adanya ADD tidak dimanfaatkan dengan baik oleh setiap desa untuk berinovasi. Harapan kita tidak ada lagi desa tertinggal di Kalteng ini, dan desa-desa yang ada harus memiliki program yang tujuannya untuk memajukan desa," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru