Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Dorong Pengembangan SDM di Wilayah Pelosok

  • Oleh Donny Damara
  • 16 Desember 2022 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Ferry Khaidir mendorong adanya upaya dari pemda baik provinsi, kabupaten dan kota untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di wilayah pelosok Bumi Tambun Bungai.

Dia mengatakan, pengembangan SDM di wilayah pelosok dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidikan secara merata serta menggencarkan berbagai pelatihan. Hal itu penting karena salah satu kunci untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Kesejahteraan masyarakat terutama di pelosok akan terwujud apabila mereka memiliki kualitas, itu salah satunya. Karena kesejahteraan itu tidak lepas dari adanya pendidikan yang memadai dan SDM yang memiliki kemampuan," ujarnya, Jumat, 16 Desember 2022.

Dijelaskannya, dengan pendidikan dan memiliki kemampuan atau keahlian maka masyarakat akan bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan tentunya itu akan berdampak terhadap kesejahteraan. Oleh karenanya harus ada komitmen dari pemerintah memperhatikan hal tersebut.

Dalam upaya ini, pemda diharapkan agar dapat bersinergi bersama dengan perguruan tinggi yang ada di Kalteng untuk meningkatkan SDM di wilayah pelosok dengan berbagai program yang dicanangkan seperti memberikan beasiswa bagi SDM pelosok yang ingin melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi.

"Karena pada dasarnya banyak SDM di pelosok yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, tapi keinginan itu terbentur perekonomian. Maka dari itu ini harus diperhatikan dengan memberikan solusi salah satunya beasiswa," tuturnya.

Disebutkannya bahwa, pihaknya akan selalu mendukung dan mensuport komitmen pemerintah maupun perguruan tinggi untuk membangun peningkatan SDM di Kalteng ini hingga wilayah pelosok terutama memfasilitasi generasi muda yang hendak melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

"Kita akan mendukung upaya-upaya yang dilakukan pemerintah maupun perguruan tinggi di Kalteng ini, karena memang perhatian kepada masyarakat dan kesejahteraanya sangat penting. Harapan kita upaya peningkatan SDM di Kalteng ini kedepan dapat dilakukan secara berkesinambungan," tutupnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru