Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dubes Jepang: Kerja Sama Pertahanan dengan Indonesia Menguat

  • Oleh ANTARA
  • 17 Desember 2022 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji mengatakan bahwa kerja sama pertahanan negaranya dengan Indonesia telah mengalami kemajuan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Dubes Kenji saat berbicara pada peringatan 68 tahun Pasukan Bela Diri Jepang yang digelar Kedutaan Besar Jepang, di Jakarta, Jumat malam, menyatakan telah ada kemajuan signifikan dalam kerja sama pertahanan dan keamanan dalam beberapa tahun terakhir, tercermin dari pertukaran di tingkat tinggi dari semua cabang militer.

Ia pun mencontohkan kunjungan pimpinan angkatan darat dan angkatan udara Jepang ke Indonesia, serta kunjungan pimpinan angkatan laut Indonesia ke Jepang.

Selain itu, ia juga menyebut bahwa salah satu pencapaian yang paling simbolis bagi kerja sama pertahanan kedua negara adalah partisipasi Jepang untuk pertama kalinya dalam latihan gabungan Super Garuda Shield, yang merupakan latihan militer gabungan multilateral.

Dubes Kenji sempat hadir dalam upacara pembukaan gelaran tersebut.


“Saya melihat sendiri hubungan yang kokoh antara militer kita dan kami terus berkomitmen untuk memperkuat komitmen dan kerja sama ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa kerja sama pertahanan juga berlangsung di tingkat pendidikan, di mana National Defense Academy Jepang telah menerima kadet-kadet TNI selama beberapa tahun, termasuk salah satu mahasiswa doktoral dari Indonesia tahun ini.

“Indonesia merupakan mitra yang sangat penting bagi kami. Kita memiliki nilai-nilai yang sama sebagai negara maritim yang terletak di titik strategis Indo-Pasifik,” katanya pula.

ANTARA

Berita Terbaru