Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DAD Sambut Baik Kegiatan SoasialisasiBatamad oleh Panglima Batamad Kalteng

  • Oleh Riska Yulyana
  • 17 Desember 2022 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Gunung Mas menyambut baik sosialisasi Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) yang telah dilaksanakan pada Kamis, 15 Desember 2022.

"Kami dari Dewan Adat Dayak Kabupaten Gunung Mas menyambut baik kegiatan Batamad yang dilaksanakan sebelumnya, apalagi ada sosialisasi dari Panglima Batamad," ujar Ketua Harian DAD Kabupaten Gunung Mas Herbert Y Asin, Sabtu, 17 Desember 2022.

Dia berharap, Batamad khususnya di Kabupaten Gunung Mas bisa memahami fungsinya salah satunya yakni mengawal keputusan damang.

"Sebagai polisi adat, kami berharap mereka mengawal, misalnya komisi adat meninjau lapangan, biasanya terjadi ketegangan atau bisa huru hara yang terjadi terkait sengketa tanah dan lainnya, dengan adanya polisi adat ini menjadi kekuatan lembaga adat kita melaksanakan keputusan-keputusan adat," terangnya.

Selain itu, Herbert berharap, Batamad khususnya di Kabupaten Gunung Mas bisa menjunjung tinggi falsafah belum bahadat.

Untuk diketahui, sebelumnya, Panglima Batamad Provinsi Kalimantan Tengah Yuandrias melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gunung Mas pada Kamis, 15 Desember 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Yuandrias juga melaksanakan sosialisasi Batamad kepada Batamad Kabupaten Gunung Mas.

"Tujuan kami ke sini ingin memastikan bahwa Batamad yang ada di Kabupaten Gunung Mas mengetahui tentang tugas pokok, fungsi, dasar hukum, keberadaan dan statusnya," jelas Yuandrias. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru